Sebelum Terkenal, Sayuran Ini Dikira Beracun



Siapa yang tidak mengenal sayuran yang ini. Tumbuhan berdaun hijau dan berbau menyengat ini viral beberapa tahun belakangan. Tumbuhan ini bernama kelor. Sebelum dikenal banyak orang akan khasiatnya, kelor hanya digunakan sebagai makanan ternak, seperti kambing. Karena masyarakat belum mengetahui khasiat mengonsumsi kelor, dan saat itu juga masyarakat takut mengonsumsi kelor karena dianggap beracun. Salah satu yang menyebabkan kelor belum banyak dikonsumsi adalah dari sisi baunya, daun kelor memiliki bau yang sangat menyengat atau menurut orang jawa dikenal dengan istilah “langu.”
Sekarang berbeda, banyak sekali orang yang menanam kelor di rumahnya. Karena terbukti kelor memiliki banyak khasiat setelah diteliti, seperti tanaman apotik hidup. Selain itu, bau kelor saat diolah menjadi hilang.

Apabila kelor diolah dengan proses yang baik, maka rasa dari masakan tersebut akan enak. Beberapa makanan dan lauk dari kelor adalah, sayur bening dan sayur santan. Kelor tidak seperti bayam yang memiliki batang berair. Kelor justru sebaliknya, kelor memiliki batang berkayu. Jika daun muda kelor tidak segera dipetik, maka kelor akan bertambah tinggi dan semakin sulit untuk diambil daunnya yang muda. Namun, jika daun kelor muda  langsung dipetik maka akan tumbuh lagi daun baru istilahnya “semi”. Sehingga dapat mempercepat proses pemetikan, karena tidak perlu menggunakan bambu atau alat lainnya. Kalau tumbuhan kelor masih pendek dan setiap semi daunnya dipetik, maka akan mendapatkan daun yang muda untuk diolah.

Berbeda lagi jika ingin mengembangbiakkan tumbuhan kelor. Tumbuhan kelor harus dibiarkan tinggi, setelah itu dipotong batangnya. Batang yang sudah dipotong kemudian ditancancapkan ke tanah. Maka akan muncul daun-daun baru. Selain itu tumbuhan yang sudah dipotong batangnya tadi juga akan menghasilkan daun muda lagi.
Beberapa khasiat daun kelor:

1. Mengobati Herpes
Daun kelor dapat mengobati penyakit kulit yang satu ini. Caranya mudah yaitu, ambil beberapa daun kelor kemudian tumbuk hingga alus setelah itu tempelkan pada bagian yang terkena herpes.

2. Menyehatkan Kulit
Daun kelor dapat menghaluskan dan merawat kulit. Caranya dapat diolah dan dikonsumsi sehari-kari. Atau juga bisa dijadikan masker wajah.

3. Mencegah Kanker
Daun kelor mengandung manfaat dapat memperlambat, menghentikan atau bahkan menyingkirkan kanker.

4. Mengatasi Diabetes
Diabetes adalah suatu penyakit gula darah. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat mengurangi kadar gula dalam darah.


Sumber:https://googleweblight.com/i?u=https://www.manjadda.com/manfaat-daun-kelor&hl=id-ID

Comments

Popular posts from this blog

Belum Tentu Lebih Baik

Ada Apa Dengan Istilah Lindu?

Alasanku Tak Menyukainya