Lintang Kemukus Dini Hari

Rabu, 27 Juni 2018 
Pagi ini pukul 05.00 aku dibangunkan simbah karena ada lintang kemukus. Aku yang tidak tahu apa itu lintang kemukus segera melihatnya, sayang waktu itu sudah tidak terlihat kerlip bintang. Dikarenakan kerlip bintang sudah kalah dengan sorotan sinar matahari, meskipun matahari belum terbit. Tetapi sudah ada sorot oranye dari timur yang menjadikan sinar bintang hilang perlahan. Kata simbahku, lintang kemukus muncul pukul dua belas malam atau pukul satu malam dini hari.
Lintang kemukus berasal dari kata lintang yang berarti bintang, dan kemukus yang berarti bungkus. Jadi menurut kedua bahasa tersebut lintang kemukus adalah bintang yang dibungkus. Bungkusnya putih memanjang, dan ada bintang di ujungnya. Sedangkan setelah aku lihat baik-baik, lintang kemukus adalah bintang berekor. Ekornya sendiri sangat panjang dan akan semakin pendek bila ada sinar matahari. Biasanya aku hanya melihat bintang berekor di buku, kini aku melihat bintang berekor secara nyata. Sayang aku sudah tidak bisa melihat bintangnya, simbahku berkata bahwa bintannya berada di timur laut. Jadi, menurutku bintang berekor tersebut dari barat daya menuju ke timur laut.
Itu ceritaku pagi ini berdasarkan observasi, sekarang aku akan membahas ilmu bintang kemukus versi internet.
Setiap aku membuka laman tentang bintang kemukus di situs internet pasti tentang misteri. Ada yang menjelaskan lintang kemukus sebagai pertanda musibah, ada yang mengaitkan adanya lintang kemukus sebagai misteri di Jawa, ada juga yang menjelaskan sebagai penanda zaman baru. Diantara ketiga tersebut, aku tidak tahu apakah itu benar-benar terjadi atau hanya opini. Jadi aku tidak memasukkan ilmu-ilmu di internet ke blogku ini.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belum Tentu Lebih Baik

Ada Apa Dengan Istilah Lindu?

Alasanku Tak Menyukainya