Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Planet Kerdil!


Sudah tahu arti dari planet belum? Planet berarti benda langit yang tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti bintang. Planet juga didefinisikan sebagai suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang. Sedangkan pengertian kerdil adalah selalu kecil, tidak menjadi besar. Jadi, pengertian planet kerdil adalah benda gelap yang mengorbit sebuah bintang dengan ukuran yang kecil. Planet kerdil juga disebut planet katai (dwarf planet).

Ciri-ciri planet kerdil sebagai berikut:

Mengorbit mengelilingi matahari

Planet kerdil memiliki massa yang cukup untuk memiliki grafitasi  sendiri agar dapat mengatasi tekanan luar angkasa, sehingga benda tersebut mempunyai bentuk hampir bulat (tidak bulat).

Belum “membersihkan lingkungan”, yaitu mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri di daerah sekitar orbitnya. Maksudnya adalah kondisi lingkungan si planet kerdil masih ada benda-benda angkasa, benda-benda angkasa selain satelit diibaratkan sebagai kotoran.

Bukan merupakan satelit sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya. Planet kerdil berukurannya kecil, tetapi planet kerdil bukan satelit sebuah planet, walaupun planet kerdil berbentuk dan berukuran hampir sama dengan satelit planet

Jenis/kategori planet kerdil dicetuskan pada pertemuan Persatuan Astronomi Internasional pada tanggal 24 Agustus 2006. Mengapa Pluto berubah statusnya? Berdasarkan definisi ini, Pluto berubah statusnya dari planet menjadi planet  katai, karena Pluto belum mengosongkan daerah sekitar orbitnya.





Sumber: BUKU PLANET MERKURIUS, VENUS, DAN MARS

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belum Tentu Lebih Baik

Hal Yang Tak Terlalu Diperhatikan

Ada Apa Dengan Istilah Lindu?