Aplikasi Dua "G" Dalam Teknologi

Dua “G” yang aku maksud adalah gelombang dan getaran. Sebelum mengetahui manfaat getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya mengetahui pengertian dari getaran dan gelombang. Yuk baca artikelku sampai selesai! Agar semakin tahu tentang pemanfaatan getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu getaran? Mungkin sebagian dari teman-teman pernah merasakan getaran. Getaran dari benda dapat dilihat secara kasat mata. Getaran merupakan gerakan bolak-balik secara teratur melalui titik kesetimbangan. Contohnya adalah, senar gitar yang dipetik, pita suara yang bergetar saat berbicara, dan gerak bandul jam dinding.

Pengertian getaran sudah tahu, sekarang apa pengertian dari gelombang? Pengertian gelombang memiliki hubungan erat dengan getaran, pengertian gelombang adalah getaran yang merambat. Contoh dari getaran yang merambat adalah pergerakan ombak laut yang mampu memcahkan terumbu karang.
Jika teman-teman sudah tahu pengertian dari getaran dan gelombang, sekarang akan disajikan pemanfaatan getaran dan gelombang dalam teknologi masa kini. Beberapa pemanfaatan getaran dan gelombang dalam teknologi:

1. Ultrasonografi (USG)
Jika mendengar istilah USG pasti kalian langsung menghubungkannya dengan pemeriksaan kandungan ibu hamil, iya kan? Tidak hanya untuk melihat keadaan bayi dalam kandungan, USG dapat digunakan untuk melihat struktur internal dalam tubuh, seperti tendon, otot, sendi, pembuluh darah, dan berbagai jenis penyakit. USG menggunakan gelombang ultrasonik/bunyi untuk menghasilkan gambar. Proses pembentukan gambarr dari bunyi dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pemancaran gelombang, penerimaan gelombang pantul, dan interpretasi gelombang pantul. Lalu bagaimana cara kerja USG? Alat USG akan memancarkan berkas gelombang ultrasonic ke jaringan tubuh menggunakan alat pemancar & penerima gelombang yang disebut transduser. Gelombang yang dipancarkan akan dipantulkan sebagian oleh jaringan tubuh & selanjutnya diterima oleh transduser yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik dihantarkan menuju computer untuk diproses menjadi gambar.

2. Sonar
Sonar singkatan dari sound mavigation and ranging. Fungsi sonar unruk menentukan kedalaman dasar lautan, yaitu dengan cara memancarkan bunyi ke dalam air. Gelombang bunyi akan merambat lurus hingga mengenai sebuah penghalang. Gelombang kemudian dipantulkan ke kapal. Pantulan dari gelombang tersebut akan menimbulkan efek gema  yang kemudian ditangkap detector.

3. Terapi Ultrasonik
Manfaat terapi ultrasonic seperti USG yaitu untuk keperluan medis. Bentuk terapi fisik ultrasnonik biasa digunakan untuk menangani keseleo pada ligament dan otot, tendonitis, inflamasi sendi dan osteoarthritis. Tingginya energy gelombang ultrasonic juga digunakan untuk memecah endapan batu penderita batu ginjal/lithotripsy,  membersihkan gigi, penanganan penyakit katarak, menghantarkan obat pada suatu organ penyakit. Misalnya menghantarkan obat kemoterapi terhadap sel-sel kanker dalam otak.

 
Contoh penggunaanya 

4. Pembersih Ultrasonik
Pembersih ultrasonic ialah alat yang menggunakan gelombang ultrasonic dengan frekuensi 20-400Hz dan cairan pembersih tertentu (air), berfungsi membersihkan suatu benda. Pembersih ultrasonic menghasilkan gelembung cairan pembersih yang terbentuk adanya gelombang ultrasonic. Pergerakan gelembung cairan menghasilkan gaya yang besar untuk melepaskan kotoran yang melekat pada suatu benda. Gelembung cairan mampu masuk ke lubang kecil yang sulit dibersihkan, sehingga untuk membersihkannya tidak perlu pembongkaran.

5. Sonifikasi
Sonifikasi yaitu proses pemeberian energy gelombang ultrasonic pada suatu bahan, sehingga bahan tersebut dapat dipisah menjadi bagian yang snagat kecil. Sonifikasi dilakukan dengan bantuan alat sonikator. Sonifikasi dapat memprcepat pengambilan minyak dari dalam jaringan tumbuhan dan pemnurnian minyak bumi. Pada makhluk hidup, sonifikasi digunakan untuk menonaktifkan material organik, contoh untuk merusak membran sel dan melepaskan isi selulernya/sonoporasi.

6. Pengujian Ultrasonik
Pengujian ultrasonik teknik pengujian berdasarkan penyaluran gelombang ultrasonic pada objek yang diuji. Gelombnag ultrasonic dipancarkan ke dalam benda, sehingga kerusakan pada bagian dalam benda, ketebalan, dan karakterstiknya dapat dideteksi. Contoh dari teknik ini adalah mendeteksi kerussakan akibat korosi pada logam. Selain itu, teknik ini digunakan dalam produksi logam baja atau alumunium, produksi pesawat, automotif, dan industry lainnya. 

Itulah enam aplikasi getaran dan gelombang. Masih banyak lagi contoh dari enam jenis aplikasi tersebut. Semoga artikel  ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca yang setia.

Jangan lupa tinggalkan komen dibawah untuk menyempurnakan artikel-artikelku yang akan datang.
Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak disetiap perjalanannya.

Sekian…
Good bye…



Lathifah Roikhanah Wardani
Nomor: 17
Kelas: 8B
SMP Negeri 1 Baturetno

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belum Tentu Lebih Baik

Ada Apa Dengan Istilah Lindu?

Alasanku Tak Menyukainya